-->

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android (No Root) - Hay para pencari tutor, pada pertemuan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di android. Namun sebelum itu, ada baiknya kalian menyimak sedikit ulasan berikut ini agar bisa menambah sedikit wawasan untuk kalian semua.

Dalam mengembalikan file atau foto yang tidak sengaja terhapus permanen sebenarnya tidak begitu sulit. Karena banyak sekali turorial - tutorial yang ada di google dan salah satunya yang ingin saya bagikan di situs Tutorapik.com ini. Beberapa cara mengembalikan file  yang terhapus di Android bisa dibilang sangat mudah dan simpel.

Terlebih lagi smartphone Android saat ini selalu terkoneksi dengan berbagai macam cloud storage. Kalian bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja. Langsung saja tidak usah banyak basa-basi lagi, silahkan bisa kalian simak dengan baik tutorial dibawah ini supaya lebih mudah untuk dipahami.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Untuk cara mengembalikan file yang terhapus di Android, kalian bisa mengikuti cara mengembalikan foto atau video yang tidak sengaja dihapus dengan menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi yang memang dibuat untuk membalikan data, sehingga dapat memungkinkan file yang sebelumnya terhapus bisa kembali lagi. Namun, bukan berarti tanpa kekurangan, karena ada beberapa aplikasi yang megharuskan smartphone Android sudah di root, walaupun ada aplikasi yang dapat digunakan tanpa root akan tetapi hasilnya tidak akan maksimal. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara dan aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di android.

1. Deleted Photo Recovery Workshop

Aplikasi pertama yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikasn file yang terhapus, kalian dapat menggunakan aplikasi yang bernama Deleted Photo Recovery Workshop, yang mana sesuai namanya aplikasi ini akan membantu mengembalikan file foto atau video yang terhapus. Dikutip dari halaman Play Store menyebutkan bahwa aplikasi ini tidak memerlukan akses root untuk dapat digunakan, ya walaupun demikian root akan membuat aplikasi ini akan berjalan dengan maksimal. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila kalian ingin mencobanya, dengan alasan hp tidak mau melakukan akses root.

Berikut ini adalah fitur yang ditawarkan pada aplikasi Deleted Photo Recovery Workshop;

  • Tidak perlu rooting, kualitas tinggi untuk membatalkan penghapusan file.
  • Unduh, pindai, dan pratinjau gratis.
  • Temukan dan simpan foto dari penyimpanan internal, memori eksternal dan kartu memori ponsel.
  • Format file: JPEG, PNG, TIFF, GIF, BMP, JPG, TIF, 3GP, MP4.
  • Mendukung dibeberapa perangkat seperti: Samsung, HTC, Sony, Google, Motorola, ZTE, LG, Lenovo, Huawei, Vivo, OPPO, Nubia, Mi, Meizu, Coolpad, Gionee.

Cara Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery Workshop

  1. Download dan instal aplikasi Deleted Photo Recovery Workshop di Playstore hp kalian.
  2. Kemudian kalian cari dan pilih foto yang sudah dihapus dan ingin kembalikan.
  3. Tekan “kembalikan foto” dan foto akan kembali lagi.

2. Dumpster

Aplikasi yang dapat mengembalikan file yang sudah dihapus selanjutnya adalah Recover Deleted Photos by Dumpster. Apps ini adalah recycle bin (tempat sampah daur ulang) yang sudah diunduh kurang lebih 40 juta pengguna juga menobatkan diri menjadi aplikasi nomer 1 di Android. Aplikasi ini juga gratis untuk kalian gunakan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang diberikan pada aplikasi Dumpster;

  • Mencadangkan aplikasi Android, file media, dan lainnya dengan mudah.
  • Mengambil file, foto, gambar, dan video penting secara instan.
  • Dapat Mengembalikan gambar yang tidak sengaja terhapus.
  • Terdapat fitur pembersihan otomatis.
  • Sudah mendukung 14 bahasa.
  • Tidak perlu koneksi internet.
  • Dapat dijalankan tanpa perlu akses root.
  • Terdapat penyimpanan cloud.
  • Kemampuan layar kunci.
  • Tema & desain khusus.

Catatan: Ada beberapa fitur diatas yang mengharuskan pengguna mengupgrade ke versi berbayar.

Cara menggunakan Aplikasi Dumpster

  1. Pertama - tama silahkan download dan instal aplikasi Dumpster di Playstore hp kalian.
  2. Jika sudah, Kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Dengan menggunakan apps ini, kalian bisa mengamankan file yang terhapus secara sengaja atau tidak sengaja. Yang mana nantinya file yang dihapus akan langsung otomatis tersimpan di aplikasi ini.

3. Restore Image (Super Easy)

Aplikasi berikut ini bisa dikatakan cukup simpel, karena pada laman Playstore saja dapat kita lihat deskripsi dari aplikasi tersebut sangat sedikit dan to do poin kepada layanan yang diberikannya yaitu mengembalikan foto yang terlanjut terhapus. Aplikasi ini juga dapat kalian gunakan tanpa harus melakukan akses root terlebih dahulu dan juga dapat diunduh secara gratis di Playstore.

Cara Menggunakan Aplikasi Restore Image (Super Easy)

  1. Pertama - tama silahkan download dan instal aplikasi Restore Image (Super Easy) di Playstore hp kalian.
  2. Kemudian cari folder yang berisi foto yang sudah terhapus.
  3. Setelah prosesor scan selesai, pilih foto mana yang akan dikembalikan dan klik tombol restore image. Dan foto akan kembali ke tempat penyimpanan semula.

4. DiskDigger

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama DiskDigger. Yang mana aplikasi ini hanya dapat digunakan pada smartphone atau tablet Android yang sudah melakukan akses root. Bagi kalian yang smartphone Android belum diroot, kalian dapat melakukannya akses root pada hp kalian terlebih dahulu, sebelum mengikuti langkah cara dibawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi DiskDigger

  1. Pertama - tama download dan instal aplikasi yang bernama DiskDigger di Playstore hp kalian.
  2. Jika diminta mengakses root, klik Izinkan.
  3. Nantinya akan muncul notifikasi “upgrade to pro”, cukup abaikan saja bagi kalian yang tidak ingin mengupgradenya, dengan cara pilih  “no Thanks”.
  4. Kemudian kalian cari folder berisi file yang terhapus tersebut yang ingin dikembalikan.
  5. Tentukan format, lalu klik OK.
  6. Selanjutnya aplikasi DiskDigger akan men-scan file yang ingin kalian kembalikan.
  7. Pilih file dan Save.
  8. Selesai.

5. Recuva

Cara terakhir yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang adalah dengan menggunakan Software yang bernama Recuva. Dengan menggunakan bantuan perangkat PC atau Laptop yang sudah diinstal Recuva kalian dapat dengan mudah mengembalikan file yang hilang di android dengan tingkat keberhasilan yang besar.

Perangkat lunak atau Software Recuva bisa kalian download secara gratis, akan tapi memiliki fitur yang agak terbatas. Nah, untuk kalian yang ingin mendapatkan fitur lengkap kalian harus membeli versi Pro. Jangan khawatir rugi, Karena yang lebih hebatnya lagi pada Aplikasi ini bahkan mampu untuk mengembalikan file dari disk yang sudah rusak.

Cara Menggunakan Aplikasi Recuva

  1. Pertama - tama silahkan download dan instal aplikasi Recuva melalui browser di hp kalian.
  2. Kemudian hubungkan Hp Android kalian ke PC melalui kabel USB.
  3. Buka aplikasi Recuva.
  4. Selanjutnya, pilih jenis file yang akan dikembalikan.
  5. Lalu, kalian pilih lokasi penyimpanannya.
  6. Centang Enable Deep Scan, untuk memindai lebih jauh.
  7. Klik Start, dan tunggu pencarian file tersebut.
  8. Setelah ditemukan, centang file tersebut, dan lakukan klik kanan yang kemudian pilih Recover Checked.
  9. Tentukan dimana lokasi file tersebut ingin disimpan.
  10. Klik Ok, dan pindahkan file tersebut dari komputer ke android.

Penutup: Dan itulah beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di Android, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang mengalami masalah seperti topik pembahasan diatas, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel