-->

Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu - Bagaimana cara cek iPhone asli atau palsu?. Yuk, simak lebih lanjut ulasan dibawah ini agar tidak tertipu.

Hingga saat ini iPhone masih menjadi salah satu primadona smartphone  yang paling diminati oleh kebanyakan orang. Selain karena desainnya yang elegan, dipercaya juga bahwa smartphone iPhone dapat meningkatkan gengsi kepada setiap penggunanya.

Tidak heran lagi jika satu unit smartphone iPhone terbaru bisa dibandrol dengan harga belasan juta. Dari awal kehadirannya, iPhone memang selalu dijual dengan harga yang tinggi. Hal tersebut membuat iPhone menjadi memiliki trademark sebagai ponsel mahal.

Berkat kepopulerannya tersebut, terdapat beberapa orang tidak bertanggung jawab yang menciptakan Hp iPhone Palsu atau (Replika), yang kemudian dijual dipasaran dengan harga yang sangat miring dari iPhone aslinnya untuk menarik banyak para pembeli. Contohnnya seperti:

  • Supercopy: adalah tiruan yang sangat mirip dengan aslinya.
  • Rekondisi: adalah iPhone yang gagal produksi yang kemudian dipoles ulang agar terlihat seperti baru.

Memang jika dilihat sekilas akan tampilan iPhone KW ini nampak persis dengan aslinya. Akan tetapi, selalu saja ada cara untuk mengecek iPhone asli atau palsu.

Lalu bagaimana cara membedakan iPhone asli dan palsu?, langsung saja dapat kalian simak tips berikut ini.

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu

Untuk kalian yang memiliki niatan untuk membeli smartphone iPhone, pastikan kalian memlilih iPhone yang asli atau (original). Dan untuk kalian yang belum mengetahui cara mengecek keaslian iPhone, disini terdapat beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk membedakan iPhone asli dan palsu, kalian dapat langsung simak tips berikut ini untuk mengenali iPhone yang original.

1. Cek Material iPhone

Karena pada dasarnnya hp iPhone dipasarkan untuk orang - orang kalangan menengah ke atas, maka dapat dipastikan bahwa smartphone besutan Apple ini menggunakan material premium, dan tidak sama jika dibandingkan dengan smartphone yang lainnya.

Selain iPhone 5c, hampir semua perangkat iPhone mengusung material logam dan kaca berkualitas tinggi untuk bahan pembuatannya. Yang mana jenis material tersebut akan sangat terasa kuat dan kokoh dalam genggaman tangan para penggunanya.

Dan sedangkan iPhone yang palsu mungkin menggunakan material yang lebih murahan dan ringkih. Jika diperhatikan lebih seksama, maka kalian dapat dengan mudah melihat perbedaan yang agak mencolok antara iPhone asli dan palsu.

2. Cek OS iPhone

Mengecek pada sistem operasi hp iPhone juga dapat menjadi cara yang akurat untuk kalian membedakan iPhone asli dan palsu, berikut yang perlu kalian perhatikan.

Pada iPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone palsu rata-rata menggunakan OS Android karena memang sangat mudah untuk dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS.

Untuk cara mengeceknya, kalian dapat masuk ke menu Settings dan periksa sistem operasi yang digunakannya.

3. Cek Tombol Fisik iPhone

Mengecek yang tampak secara kasat mata adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Nah, untuk mengecek iPhone asli atau palsu kalian bisa cek tombol fisik iPhone. Yang mana iPhone memiliki tombol kunci di pojok kanan atas, sedangkan tombol volume dan ringer switch berada di sebelah kiri.

Jika kalian melihatnnya sekilas saja kalian dapat melihat kejanggalan pada posisi tombol-tombol tersebut maka bisa dipastikan iPhone itu palsu.

Lalu, bagaimana jika letak tombolnya benar? Coba saja kalian pencet tombolnya. Jika palsu biasanya pada tombolnya agak terlihat sedikit longgar dan pemasangannya tidak pas.

4. Cek SIM Card

Kalian bisa coba tanyakan kepada penjualnya, bisa memakai berapa SIM card pada iPhone itu? karna banyak pedagang yang dengan bangganya, mempromosikan dengan mengatakan bahwa iPhone yang mereka jual bisa dipasangi dua SIM card.

Nah, jika pedagang itu mengatakan iPhone-nya bisa dipasangi dua SIM card maka sudah jelas bahwa iPhone tersebut palsu. Karena iPhone yang asli hanya mendukung SIM tunggal.

Pada saat ini seperti: iPhone X, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max sudah dibekali dengan fitur dual SIM Card. Namun hanya saja, satu SIM Card-nya berupa eSIM, yang tidak berbentuk fisik.

Dan ada ciri -  ciri lain yang perlu kalian perhatikan yaitu adalah pada bagian belakang. disana bisa lihat jika iPhone asli ditulisi label “Designed by Apple California” dan “Assembled in China”. Jika tulisan tersebut tidak ada atau berbeda maka bisa dipastikan iPhone tersebut palsu.

5. Cek Layar iPhone

Hal lainnya yang dapat kalian lihat dengan mudah adalah layarnya. Layar iPhone sudah menggunakan teknologi retina display. Retina display adalah bagian dari produk - produk Apple. Yang mana vendor lain tidak akan bisa menggunakan teknologi ini. Retina display adalah teknologi pada tampilan layar iPhone. Teknologi ini mulai dipakai pada iPhone 4. Sejak saat itu, semua seri iPhone langsung mengusung layar retina.

Pada tampilan dari retina display ini sangat jernih dan halus. Matriks kecil pada layar iPhone hanya akan terlihat dalam jarak dekat atau dengan bantuan kaca pembesar saja. Yang dimana dengan kata lain, retina display tersebut membuat layar iPhone memiliki resolusi yang tinggi. Sedangkan, iPhone palsu atau KW pada umumnya mengusung layar dengan resolusi yang rendah. Jadi dapat kalian lihat langsung dengan jelas pada matriks-matriks piksel.

6. Cek Garansi iPhone

Secara default, Apple selalu memberikan garansi iPhone selama satu tahun. Yang menariknya lagi, kalian dapat mengecek iPhone yang akan kalian beli asli atau palsu dengan cara mengecek garansinya. Untuk mengeceknnya kalian hanya membutuhkan nomor IMEI. Untuk mengetahui IMEI iPhone kalian.

Setelah mengetahui IMEI silahkan kalian masuk ke laman berikut ini: https://checkcoverage.apple.com/us/en/ lalu masukkan kode IMEI pada kotak yang sudah tersedia. Dan apabila iPhone yang kalian beli asli, nantinnya akan muncul informasi seperti model iPhone, masa garansi yang tersedia, dan lain-lain. Dan apabila sebaliknya yaitu palsu , maka informasi tersebut tidak akan muncul.

7. Cek Kualitas Kamera

Salah satu alasan kenapa iPhone sangat laris diburu oleh orang-orang adalah kualitas kameranya yang bagus dan tidak tipu-tipu. Yang mana jika kebanyakan HP Android sekarang ini berlomba-lomba untuk memberikan efek yang cantik di wajah penggunanya, kamera iPhone justru memberikan hasil foto apa adanya. Walaupun begitu, kualitas dari kamera hp iPhone asli tidak bisa dianggap remeh begitu saja, dengan resolusinya yang tidak sebesar smartphone zaman sekarang.

Tetapi, akan berbeda hasilnya apabila jika hp iPhone yang kalian punya atau beli adalah palsu. Karena biasanya iPhone palsu tidak mampu mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan. Dan untuk mencari perbedaan kamera iPhone asli atau palsu, sebaiknya kalian bandingkan dengan tipe iPhone temanmu yang memiliki tipe serupa.

8. Cek App Store iPhone

Untuk menguji keaslian iPhone, Anda harus membuka App Store melalui iPhone tersebut. Apabila Anda bisa menemukan dan membuka App Store, maka dapat dipastikan bahwa iPhone itu asli. Akan tetapi, bila di iPhone Anda tidak bisa mengaksesnya, maka Anda harus curiga dengan keasliannya.

Lebih parah lagi apabila di dalamnya Anda menemukan Google Play Store atau Windows Phone Store, kami menjamin bahwa iPhone itu palsu. App Store adalah merk dagang dari Apple. Tentu saja App Store hanya ada di iPhone, iPod atau iPad yang asli.

9. Cek Slot Memori Eksternal iPhone

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa iPhone selalu menawarkan memori internal yang besar? Bahkan, baru-baru ini iPhone juga mengeluarkan varian memori internal 256GB. Ini adalah kapasitas penyimpanan yang sangat besar bagi sebuah smartphone. Apple sengaja memberikan kapasitas memori internal yang besar karena iPhone tidak dibekali dengan slot memori eksternal.

Hal ini sangat berbeda dengan smartphone Android masa kini yang pasti menyediakan slot memori eksternal hingga 64GB. Apple merasa bahwa memori internal yang diberikan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data penggunanya. Jadi, jika Anda menemukan iPhone yang memiliki slot memori eksternal, itu artinya Anda harus waspada bahwa iPhone tersebut adalah palsu.

10. Hubungkan iPhone ke iTunes

Salah satu cara cek iPhone asli atau palsu adalah dengan menghubungkan smartphone tersebut ke laptop atau komputer yang sudah terpasang iTunes. iTunes merupakan sebuah aplikasi wajib untuk memasukan lagu, video, dan file lainnya ke dalam iPhone.

Nah, jika iTunes dapat mendeteksi iPhone yang sudah kalian hubungkan, maka bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut adalah iPhone asli. Dan juga sebaliknya, apabila iTunes tidak dapat membaca iPhone yang kalian hubungkan di laptop atau komputer, maka bisa disimpulkan iPhone tersebut palsu.

11. Cek Tombol Screenshot Pada iPhone

Pada iPhone yang asli untuk mengambil tangkap layar / screenshot kalian hanya perlu menekan tombol Home dan Lock secara bersamaan. Dan untuk iPhone yang palsu atau replika biasanya tidak akan bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama. Nah, dengan melakukan cara ini, kalian dapat dengan mudah mengenali iPhone asli atau palsu dengan cepat.

12. Cek kesamaan IMEI di Sistem, Fisik, dan Dus iPhone

Ketika kalian baru saja membeli sebuah smartphone iPhone, jangan lupa untuk mengecek kesamaan IMEI yang terdapat pada sistem, fisik, dan dus iPhone. Dan untuk ciri-ciri iPhone yang asli tentu semua IMEI yang ada di sistem, fisik, dan dusnya akan sama.

Cara cek iPhone asli atau palsu melalui nomor IMEI ini, sebenarnya cara yang bisa dibilang paling akurat. Yang mana kalian dapat langsung membatalkan pembelian jika terdapat salah satu nomor IMEI yang berbeda di 3 bagian tersebut.

13. Harga iPhone Palsu Biasannya dijual Jauh Lebih Murah dari Aslinya

Siapa sih orang yang tidak tergiur dengan iPhone 6s yang ditawarkan hanya dengan harga 3 juta saja? Dan bahkan, mungkin ada orang diluar sana yang rela membeli smartphone mutakhir dari Apple ini dengan harga 7 juta. 

Namun untuk kalian sudah terlanjur membeli iPhone dengan harga yang miring jauh jangan langsung senang dan percaya dulu bahwa itu asli, karena justru dengan harga segitu harusnnya kalian patut curiga. Karena bisa jadi itu adalah iPhone palsu (KW), supercopy atau mungkin rekondisi.

Karena tidak sedikit iPhone palsu yang saat ini sudah beredar di pasaran, ada baiknya kalian harus ekstra berhati-hati waktu saat ingin membeli iPhone secara online. Yang mana, ketika kalian membeli iPhone secara online, maka kalian tidak bisa melakukan pengecekan fisik pada iPhone tersebut.

Nah, Agar supaya lebih aman pada saat membeli iPhone, sangat disarankan bagi kalian untuk membeli iPhone di Authorized Reseller Apple yang ada di Indonesia. Walaupun kalian sudah membeli di gerai resmi Apple tetap saja untuk melakukan pengecekan diawal untuk membedakan iPhone asli dan palsu.

Sebenarnya ada banyak sekali untuk cara cek iPhone asli atau tidak yang akurat dan mudah. Namun, sebaiknnya sangat disarankan untuk kalian membeli iPhone secara offline saja, jika kalian ingin melakukan pengecekan fisik, spesifikasi, dan material secara langsung supaya hati puas.

Penutup: Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang mempunnyai rencana ingin membeli iPhone, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel