-->

Cara Main Game Nintendo DS (NDS) di Android

Cara Main Game Nintendo DS (NDS) di Android

Cara Main Game Nintendo DS (NDS) di Android - Nintendo DS atau yang biasa disebut (NDS) adalah konsol game yang dirilis pada 21 November 2004 oleh perusahaan Nintendo. Nintendo Dual Slide merupakan sebuah konsol lipat dengan layar ganda dan salah satu layarnya merupakan layar touch screen/layar sentuh, sehingga membuat setiap game yang dimainkan menjadi lebih menarik. Yang mana konsol ini juga telah memberikan pengalaman baru dalam bermain game.

Seperti contohnya permainan Harvest moon, Pokemon, Digimon, dan Mario Kart DS yang telah sukses dipasaran. Namun sayangnya kini Nintendo DS sudah memberhentikan produksinya, namun saat ini konsol Nintendo DS sudah memiliki generasi penerusnya yaitu New Nintendo 3DS.

Nah, apabila kalian penggemar berat dari game Nintendo DS yang kangen dan ingin bernostalgia. Tenang, kalian tidak perlu mencari dan membeli konsol gamenya. Karena saat ini kalian sudah bisa memainkan game Nintendo DS di Android dengan mudah.

Baca Juga : Cara Main Game PSP di Android

Emulator Nintendo DS untuk Android

Lalu bagaimana cara memainkan game Nintendo DS di Android?. Nah, namun sebelum itu kalian bisa melihat terlebih dahulu beberapa daftar emulator NDS yang bisa digunakan. Dan berikut adalah berbagai emulator Nintendo DS dari yang gratis sampai berbayar terbaik yang bisa kalian gunakan.

1. SuperNDS

SuperNDS merupakan emulator Nintendo terbaru dan terbaik yang memiliki kinerja yang bagus walau terlihat sedikit kasar pada bagian tepi. SuperNDS juga hanya mendukung perangkat Advance populer dengan spesifikasi tinggi. Jika tidak digunakan pada perangkat yang memiliki spesifikasi bagus, NDS Boy tidak bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, SuperNDS mendukung semua fitur dasar emulator termasuk menyimpan dan memuat “states“, menyesuaikan kontrol, dan dukungan untuk sebagian besar file game NDS. Emulator SuperNDS ini gratis tanpa ada pembelian dalam aplikasi namun hanya saja memiliki iklan yang sedikit mengganggu. SuperNDS juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk kalian yang tidak memiliki uang untuk membelinya.

2. NDS Emulator

NDS Emulator merupakan salah satu emulator Nintendo DS baru. NDS Emulator memiliki semua fitur dasar seperti dukungan pengendali eksternal, menyimpan “states“, load “states“, dan game pad yang dapat disesuaikan.

NDS Emulator dapat memainkan sebagian besar game yang kami coba selama pengujian. Walau jauh dari sempurna dan terdapat beberapa bug. Namun NDS Emulator merupakan salah satu emulator Nintendo DS gratis yang tersedia. Ada iklan dan agak menjengkelkan.

3. DraStic DS Emulator

DraStic DS Emulator mungkin pilihan terbaik dari emulator Nintendo DS saat ini. Hampir semua game yang sudah saya coba menggunakan emulator ini berjalan dengan baik. Mungkin hanya ada beberapa game saja yang tidak berfungsi dengan baik.

Emulator dilengkapi dengan sejumlah fitur, termasuk penyesuaian tata letak layar, penyesuaian pengontrol, dukungan Google Drive, dukungan untuk pengendali perangkat keras, fast forward, dan untuk perangkat Android kelas atas dapat menikmati beberapa render grafis yang lebih baik.

Harganya berkisar $4,99, dan itu pun sudah lebih murah dari pada dulu. Yang mana ini penawaran yang cukup bagus. DraStic DS Emulator menjadi saran pertama untuk emulator NDS.

4. nds4droid

nds4droid merupakan salah satu emulator Nintendo DS yang sudah ada sejak lama. nds4droid sendiri belum menerima pembaruan untuk sementara waktu. Namun karena nds4droid merupakan open source, para pengembang lain dapat menggunakan kode sumbernya sebagai basis untuk membuatnya emulator baru.

Sebagai emulator, nds4droid cukup baik walau memang memiliki beberapa masalah seperti emulasi yang lebih lambat. Hal ini dapat diatasi melalui pengaturan frame. nds4droid benar-benar gratis dan tanpa pembelian dalam aplikasi juga tanpa iklan.

5. RetroArch

RetroArch merupakan emulator all-in-one. RetroArch juga mendukung berbagai sistem game termasuk Nintendo DS, Game Boy, SNES, Game Boy Advance, dan banyak lagi sistem non-Nintendo. Kalian harus men-download dan instal setiap sistem secara individual di dalam aplikasi. Yang mana ttu berarti kamu harus men-download core Nintendo DS, dan kemudian dapat memainkan game NDS.

RetroArch mendukung semua fitur dasar. RetroArch bukan yang paling mudah digunakan. Namun, itu benar-benar gratis tanpa pembelian dalam aplikasi atau iklan. RetroArch juga dalam perkembangan aktif sampai sekarang.

Aplikasi tersebut dapat kalian download secara gratis di playstore hp android kalian. Bagi kalian yang masih bingung cara main game Nintendo DS di android menggunakan emulator NDS Boy!, langsung simak dan terapkan langkah cara dibawah ini.

Baca Juga : Cara Main Game PS1 di Android

Cara Main Game Nintendo DS di Android Menggunakan Emulator SuperNDS

Apabila sebelumnya kalian sudah pernah menggunakan emulator PSP atau PS1, mungkin hal yang kalian khawatirkan adalah ukuran game yang cukup besar memakan kuota. Namun disini bisa bernafas lega, karena kebanyakan dari game Nintendo DS hanya memiliki ukuran yang cukup minimalis, dan biasanya tidak lebih dari 100MB.

Yang mana kalian bisa langsung men-download game NDS yang ingin kalian mainkan di berbagai website penyedia ROM seperti contohnya Emuparadise dan Coolrom. Setelah berhasil di download, kalian bisa menaruh file game tersebut di folder yang kalian inginkan dan tak perlu di ekstrak. Bagi kalian yang masih bingung kalian bisa lihat langkah caranya dibawah ini.

  1. Pertama-tama download Game Nintendo DS yang ingin kalian mainkan di situs penyedia ROM NDS seperti : Emuparadise, Romsmania, Wowroms, Freeroms dan lain-lain (File game NDS tidak perlu kalian ekstrak).
  2. Kemudian download dan instal Emulator SuperNDS di Google Play Store.
  3. Jika sudah, kemudian lalu buka aplikasinya dan pilih game yang ingin kalian mainkan.
  4. Selesai.

Dengan begitu sekarang kalian sudah bisa memainkan serta merasakn game Nintendo DS di Android. Jika kalian ingin memainkan secara landscape aktifkan mode Rotation. Dan apabila kalian tidak ingin menggunakan tombol yang mengganggu di bawah, kalian bisa tap  tombol TOUCH untuk menggunakan sentuhan.

Pada emulator tersebut juga kalian bisa menggunakan mic untuk digunakan di beberapa game. Contohnya seperti pada game Harvestmoon Grand Bazaar, kalian bisa memanfaatkan mic tersebut untuk memutar kincir angin.

Baca Juga : Cara Main Game PS2 di Hp Android

Penutup: Ok mungkin itu saja yang dapat saya bagikan di postingan kali ini mengenai Cara Main Game Nintendo DS (NDS) di Android, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel