-->

Cara Memasang Expired Header di Blogger / Blogspot

Cara Memasang Expired Header di Blogger / Blogspot

Cara Memasang Expired Header di Blogger / Blogspot - Membuat performa loading blog semakin lebih cepat memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari menggunakan template yang Fast Loading, sampai meng-kompres setiap gambar yang ingin digunakan pada setiap postingan blog. Selain itu masih banyak lagi cara mempercepat loading blog di blogger.

Dan salah satunya adalah dengan memaanfaatkan fungsi cache pada browser, yang mana nantinya setiap kali pengguna ingin mengunjungi website/blog maka data-data seperti gambar dan script akan tersimpan sehingga tidak perlu dimuat lagi, dan hal tersebut tentunya akan membuat loading blog menjadi cepat. Namun sebelum masuk kedalam tutorial cara memasang Exired Header di Blogger berikut ini adalah pengertian mengenai Leverage Browser Caching beserta fungsinya.

Leverage Browser Caching

Leverage Browser Caching adalah fitur caching yang dapat membuat pengguna dapat membuka suatu situs dengan cepat karena cache yang telah di unduhnya saat pertama kali membuka situs sudah ada di penyimpanan browser yang di gunakan. Yang mana sehingga pengunjung tidak perlu lagi mengunduh kembali karena sudah memiliki data statis yang sudah tersimpan di browser pada saat pertama kali mengakses nya.

Dan terkadang masalah Leverage Browser Caching ini biasanya sering dijumpai ketika sedang mengecek kecepatan blog menggunakan bantuan tools dari GTmetrix atau PageSpeed Insights. Sebab laverage browser caching juga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Dengan membenahi masalah tersebut, maka akan membuat semakin cepat loading blog dan otomatis jumlah trafik blog pun akan naik.

Fungsi Leaverage Browser Caching

Leverage Browser Caching berfungsi untuk mengatur tanggal kadaluwarsa atau batas usia maksimal header HTTP / HTTPS yang berkaitan langsung dengan kode sumber seperti CSS, JavaScript dan gambar yang bersifat statis. Sehingga dapat menginstruksikan browser untuk memuat Source Code tersebut yang sudah di download sebelumnya dari penyimpanan lokal.

Karena memang file jenis-jenis tersebut adalah data yang paling banyak membutuhkan pengunduhan di awal, apalagi jika website/blog yang menggunakan banyak gambar dan hiasan yang harus memerlukan scrip css tertentu. Maka hal ini tentu saja perlu mendapatkan perhatian khusus, agar supaya blog bisa lebih optimal dari segi kecepatan loading nya.

Dan cara untuk mengatasi Leaverage Browser Caching di PageSpeed Insights dan GTmetrix adalah dengan memasang Expire Header di blog. Untuk kalian yang ingin membenahi masalah tersebut bisa langsung simak dan terapkan langkah cara berikut ini.

Cara Memasang Expired Header di Blogger

Sebenarnya cara untuk memasang Expired Header di Blogger / Blogspot ini sangatlah mudah, hanya dengan memasang sedikit code jQuery lalu menyimpannya di template blogger yang sedang di gunakan. Jadi tidak perlu harus yang pro pemorgraman untuk memasang, kalian yang hanya mengetahui pemrograman dasar saja bisa melakukannya.

Ok baiklah langsung saja berikut ini adalah langkah cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blog di blogger / blogspot :

1. Pertama-tama masuk ke Dasbor Blogger.

2. Kemudian masuk ke menu Tema > Lalu klik Edit HTML.

3. Setelah itu cari kode berikut: </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; (gunakan Ctrl+F untuk mencarinya).

4. Setelah itu copy lalu paste script di bawah ini tepat diatas kode yang tadi.

<include expiration='7d' path='*.js'/>

<include expiration='3d' path='*.gif'/>

<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>

<include expiration='3d' path='*.jpg'/>

<include expiration='3d' path='*.png'/>

<include expiration='1d' path='*.ico'/>

<meta http-equiv="expires" content="sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT"/>

5. Jika sudah lalu klik Simpan Tema

Nah, jadi itu tadi adalah cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blog di blogger atau blogspot.

Namun perlu diketahui bahwa script tersebut tidak langsung bisa bekerja dengan cepat. yang mana memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu sampai Expired Header benar-benar berfungsi sepenuhnya. Itu dikarenakan masing-masing jenis file yang di kadaluwarsa-kan memiliki waktu caching yang berbeda.

Dan dapat dilihat dari script tadi pada bagian <include expiration='(angka)d" path='*(formatfile')/> yang artinya jumlah angka sebelum huruf "d" pada include expiration adalah jangka waktu ( hitungan hari,karena D artinya Day ) yang di butuhkan waktu untuk memproses caching.

Sedangkan format file yang ada pada path adalah penegasan dari file mana yang harus di proses cachenya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Maka itulah sebabnya perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memasang script ini dengan bantuan tools GTmetrix, setelah satu minggu kedepan melakukan cek ulang lagi agar bisa mengetahui script tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Manfaat Memasang Expired Header di Blog

Tidak lengkap rasanya apabila tidak mengetahui apa saja manfaat dari pemasangan Expired Header di blog. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan saat mengaktifkan fitur ini :

  • Meringankan beban loading Blog sehingga bisa lebih cepat saat diakses.
  • SEO Friendly
  • Mobile Friendly
  • Mengatasi masalah Leverage Browser Caching di GTmetrix & PageSpeed Insights

Bagaimana manfaatnya banyak bukan?. Nah, selain itu dengan mengoptimalkan kecepatan blog maka akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan betah untuk berada di suatu postingan blog saat ingin mencari informasi yang mereka cari.

Penutup : Baiklah mungkin segitu saja pada postingan kali ini mengenai Cara Memasang Expired Header di Blogger / Blogspot, Semoga bisa bermanfaat. Dan jangan lupa juga ikuti terus blog Tutorapik.com untuk mendapatkan artikel menarik dan bermanfaat lainnya pada kesempatan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel