-->

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger / Blogspot

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger / Blogspot - Bingung, setelah memasang Google Analytics di blog kok loadingnya menjadi terasa berat?. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya.

Memang terdapat banyak layanan gratis yang bisa kita gunakan untuk menghitung atau mengetahui secara realetime dari mana saja asal pengunjung yang sedang membaca di postingan blog kita, dan salah satu yang paling banyak digunakan oleh kebanyak para blogger yaitu Google Analytics.

Yang mana Google Analytics merupakan layanan untuk menganalisa secara lengkap dan jelas mengenai informasi aktifitas dari para pengunjung yang masuk ke website/blog. Dengan tampilan yang menarik google analytics merupakan tools penganalisa yang wajib digunakan untuk memantau lalu lintas blog.

Namun sayangnya jika memasang google analytics di blog pada umumnya akan membuat performa kecepatan loading blog menjadi menurun. sebab google analytics bekerja di belakang layar sehingga tanpa disadari dapat membuat loading blog menjadi lambat.

Dan tentu saja hal tersebut sangat kurang mengenakan apabila harus terjadi, karena dampaknya akan sangat mempengaruhi terhadap vistor yang mulai turun karena para calon pengunjung yang risih terhadap loading blog yang tidak tahu kapan selesainya.

Masalah ini bisa kita lihat apabila sudah mengeceknya performa kecepatan blog menggunakan bantuan dari tools PageSpeed Insights atau GTmetrix. Yang mana nanti akan terlihat jelas salah satu dari beberapa faktor penyebab loading blog menjadi berat adalah script bawaan dari Google Analytics.

Nah, buat kalian yang risih dengan hal tersebut bisa langsung mengatasinya dengan menggunakan cara memasang Lazy Load Google Analytics di blog. Bagaimana caranya?. Namun sebelum itu, sebaiknya kalian membaca sedikit penjelasan dibawah ini mengenai cara kerja dan manfaat lazy load google analytics.

Cara Kerja Lazy Load Google Analytics

Lazy Load Google Analytics merupakan script yang berguna untuk menunda load (pemuatan) script Javascript dari Google Analytics sampai ada aktifitas scrolling (gulir) yang dilakukan oleh pengguna pada  blog.

Manfaat Memasang Lazy Load Google Analytics

Manfaat yang bisa dirasakan saat menggunakan lazy load Google Analytics adalah dapat mempercepat peforma loading blog, karena pemuatan Javascript eksternal dari Google Analytics yang sudah di tunda (load).

Hal tersebut bisa di bandingkan pada saat sebelum dan sesudah menggunakan lazy load google analytics pada blog. Maka skor kecepatan blog yang di cek menggunakan Pagespeed Insights atau GTmetrix akan berbeda.

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger

Nah, langsung saja untuk kalian ingin tetap mengoptimalkan kecepatan loading blog agar tidak menjadi berat akibat menggunakan Google Analytics, bisa langsung menerapkan langkah cara berikut ini :

1. Pertama masuk ke Dasboard Blogger kalian.

2. Kemudian masuk ke Tema ➤ Edit HTML.

3. Lalu gunakan Ctrl+F untuk mencari kode berikut ini <b:include data='blog' name='google-analytics'/>

4. Jika sudah ketemu, lalu Hapus kode tersebut.

5. Selanjutnya gunakan Ctrl+F lagi untuk mencari kode </body>

6. Kemudian copy dan letakan script dibawah ini tepat diatas kode </body> tadi.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
var lazyanalisis=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyanalisis||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyanalisis)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="//www.googletagmanager.com/gtag/js?id=id pelacakan analysis Anda";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyanalisis=!0)},!0);
//]]>
</script>

7. Setelah itu jangan lupa untuk mengubah kode id=id pelacakan analysis Anda dengan id pelacakan dari Google Analytics kalian.

8. Jika sudah, kemudian cari kode Google Analytics yang asli berada pada header blog kalian masing-masing, dan rubah kodenya menjadi seperti berikut ini.

<script>
  window.dataLayer = window.dataLayer || [];
  function gtag(){dataLayer.push(arguments);}
  gtag(&#39;js&#39;, new Date());
  gtag(&#39;config&#39;, &#39;id pelacakan analysis Anda&#39;);
</script>

9. Dan jangan lupa juga untuk menggati kode id pelacakan analysis Anda ubah sesuai dengan kode id pelacakan Google Analytics milik kalian.

10 Jika dirasa sudah melakukan langkah-langkah cara diatas dengan baik dan benar, tinggal langsung kalian tap Simpan Tema

Setelah berhasil melakukan pemasangan Lazy load Google Analytics ini, jangan lupa untuk mengetes kode scripnya apakah berjalan dengan baik atau belum dengan cara akses blog kalian dan lakukan scrolling terlebih dahulu, setelah itu buka Semua Data Situs pada Google Analytics kalian.

Selain itu kalian juga bisa mengetahuinya dengan cara mengecek skor kecepatan blog kalian di PageSpeed Insights atau GTmetrix tentang permasalahan script Google Analytics. Jika hilang maka bisa dipastikan pemasangan script dari lazy load tersebut berhasil.

Namun jika belum kemungkinan besar kalian mendapati kesalahan dalam penerapan langkah cara diatas. Namun saya yakin hal tersebut tidak akan terjadi apabila kalian telah benar-benar menerapkan cara diatas dengan baik.

Penutup : Baiklah mungkin segitu saja pada postingan kali ini mengenai Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger / Blogspot, semoga bisa bermanfaat. Dan jangan lupa juga ikuti terus blog Tutorapik.com untuk mendapatkan artikel menarik dan bermanfaat setiap harinya pada kesempatan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel