-->

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger / Blogspot

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger / Blogspot

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger / Blogspot - Memiliki web/blog dengan performa loading yang bagus saat di cek di PageSpeed Insights atau GTmetrix, tentu saja merupakan suatu dambaan bagi semua para blogger. Yang mana, selain dapat mempermudah bagi para pengunjung yang ingin meng-aksesnya pagespeed blog yang baik juga bisa mendapatkan nilai tambah di mata google. Dan walaupun terlihat sepele, loading blog sebenarnya merupakan satu hal yang perlu di perhatikan.

Contoh kecilnya sudah riset keyword, menulis artikel dengan bagus dan susah payah memberikan backlink supaya bertujuan untuk menangkringkan postingan tersebut ke page one, dan akhirnya sudah tercapai namun tidak membuahkan hasil seperti yang di harapkan hanya dikarnakan loading blog yang lambat seperti siput.

Kasus tersebut pada dasarnya sudah sering kali terjadi, yang mana di karnakan sebagian besar para calon pengunjung ketika hendak ingin mencari sesuatu di google tentu mereka akan memilih blog yang berada di page one, dan apabila blog yang mereka pilih tersebut loadingnya lama kebanyakan orang maka akan langsung meninggalkannya dan beralih untuk mencari blog lain.

Hal tersebut tidak lain karena kesal, bosan dan membuang banyak waktu apabila harus menunggu lama untuk mengunjungi blog yang memiliki performa loading buruk. Jadi untuk itu, ada baiknya sekarang mulai meluangkan sedikit waktu untuk meng-optimasi loading blog yang berat agar supaya menjadi lebih ringan.

Yang mana banyak sekali cara yang dapat di lakukan untuk mengoptimasi loading blog supaya menjadi lebih cepat dan wuzz. Namun sebelum masuk kedalam inti topik dari judul postingan ini, sebaikanya disini kalian membaca terlebih dahulu apa saja faktor-faktor penyebab yang membuat loading blog menjadi lambat, dan juga dampak negatifnya.

Penyebab Loading Blog Lambat

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan loading blog menjadi lambat :

1. Koneksi Internet yang Buruk

Mengakses blog dengan koneksi internet yang tidak baik (buruk) dapat menjadi faktor utama penyebab yang bisa mempengaruhi loading blog menjadi lambat atau lemot, yang mana karena ketidak stabilan koneksi internet hal utama ini juga yang membuat loading pada blog atau setiap halamannya yang dikunjungi menjadi tidak optimal.

2. Template Berat

Dalam menggunakan Template pada blog memang harus pandai untuk memilih dalam segi manapun, dan jangan asal di pakai hanya karena tampilanya saja yang keren. Namun hal tersebut itu biasanya sudah sering kali terjadi pada blogger pemula yang terlalu memikirakan tampilan blognya namun tidak memikirkan performa yang lain dari template yang digunakan. Padahal sebenarnya template yang simple-lah merupakan template yang bagus dan ringgan untuk digunakan.

3. JavaScript & CSS

Selain penggunaan Template yang berat ada juga penyebab lainnya, yaitu penggunaan javascript dan css eksternal yang terlalu berlebihan, juga menambah widget dengan menggunakan javascript atau CSS. Memang hal yang wajar digunakan oleh para blogger untuk menambah widget atau aksesoris lainnya di pasang pada blog. 

Namun jika tidak bekerja dengan baik maka bisa menggagu performa loading blog sehingga menjadi berat. Maka dari itu jumlah berlebihan atau ada kode yang tidak berfungsi maksimal maka hal itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap kecepatan blog dan itu bisa berdampak tidak baik untuk performa pagespeed/loading blog.

4. Browser & Perangkat

Apabila menggunakan aplikasi browser dan membuka tab/halaman baru terlalu banyak, maka akan menyimpan cache serta cookie yang banyak juga, dan hal tersebut juga tentunya akan mempengaruhi kecepatan loading blog tersebut sehingga menjadi lambat. 

Selain itu, apalagi jika penggunakan perangkat prosesor atau ram yang terlalu minim dan terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang berjalan tanpa sepengetahuan.

Hal tersebut bisa menghabiskan penyimpanan ram dan juga koneksi internet kerena terbagi untuk membukanya sehingga bisa mempengaruhi loading pada blog.

Dampak Loading Blog Lambat

Dan berikut ini adalah beberapa pengaruh negatif bagi blog yang memiliki performa loading yang lambat :

1. Mengurangi trafik

Lambatnya loading blog, tentu saja akan membuat kesal dan gerah bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi situs kita. Sehingga, mereka merasa situs yang mereka kunjungi terasa lama dibuka. Dan hal tersebut tentunya akan mempengaruhi penurunan jumlah vistor atau kunjungan.

2. Mengurangi Pendapatan

Jika sudah membaca dampak yang pertama, sangat wajar apabila berkurangnya trafik akibat loading blog yang lambat akan memberikan pengaruh juga bagi pendapatan. Dengan berkurangnya trafik, maka otomatis akan mendapatkan penurunan pendapatan dan tingkat konversi pada blog.

3. Mendapat Nilai Buruk Dimata Pengunjung

Pada umumnya apabila seseorang sedang mencari sesuatu di google search pastinya akan memilih blog yang nyaman saat ingin mengakses blog tersebut. Dan apabila loading blog lama atau lelet, kemungkinan juga mereka selaku calon pengunjung akan menilai buruk pada blog tersebut.

4. Berdampak buruk bagi SEO

Seperti yang kita tahu, bahwa Google sangat menyukai kecepatan. Dan pada tahun 2010 Google mengumumkan bahwa kecepatan loading website merupakan salah satu sinyal baru yang digunakan untuk algoritma. Dengan kata lain blog yang memiliki loading lambat, maka lambat laun akan tergusur dengan blog pesaing yang kualitasnya lebih baik.

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger

Memang tidak banyak yang bisa di lakukan untuk mempercepat loading blog pada platfrom blogger. Sebabnya karena disana istilahnya hanya numpang di server milik google secara otomatis hanya dapat memiliki akses yang cukup terbatas untuk melakukan optimasi blog. Nah, selain memilih template/tema yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang bisa di gunakan dan di terapkan untuk mempercepat loading blog.

1. Menggunakan Template Fast Loading

Mengganti-ganti template blog memang sering menjadi faktor utama yang dialami bagi sebagian para blogger pemula, dan mungkin termasuk kalian yang sedang membaca tulisan ini. Memang, tidak ada salahnya mempercantik tampilan blog, namun apabila terlalu keseringan mengganti template blog ternyata bisa sangat berpengaruh terhadap performa blog.

Dan apabila jika menggunakan template hasil download gratis yang sudah di Redisign oleh orang lain, mungkin bagi kalian yang masih awam tidak tahu apakah template tersebut aman atau sudah di masukan script yang tidak baik sama orang yang me-redesign.

Maka dari itu saya sarankan kepada kalian yang sering gonta-ganti template untuk mulai meninggalkan kebiasaan tersebut dan gunakanlah template yang sudah pasti Aman, SEO Friendly, dan Fans Loading. Contohnya seperti Evomagz, Viomagz, Linkmagz buatan mas Sugeng atau Kompi Flexible buatan mas Adhy Suryadi. Yang mana template tersebut juga sudah banyak digunakan oleh kebanyakan para blog blogger besar.

2. Menghapus Widget yang tidak Penting

Menggunakan widget yang berlebihan tentunya akan membuat blog menjadi terasa berat, maka dari itu hindari penggunnaan widget yang berlebihan dan pasang widget yang dirasa perlu saja seperti Popular Post atau Label.

3. Membatasi Jumlah Postingan yang Tampil di Hompage / Beranda

Biasanya secara default, blogger menampilkan 7 postingan pada hompage atau beranda blog. Tapi, jika ingin mempercepat loading blog blogger/blogspot sebaiknya atur menjadi 4-5 postingan saja yang muncul.

4. Hindari Penggunaan Gambar Pada Background

Pemakaian gambar pada umumnya akan menambah jumlah beban yang harus di load oleh server. Dan itu tidak hanya gambar yang ada di artikel saja, tapi juga gambar yang di gunakan sebagai gambar yang dijadikan background blog.

Jadi, jika ingin menggunakan gambar di background hanya untuk mempercantik tampilan blog, sebaiknya dipikir-pikir terlebih dahulu. Karna hal tersebut bisa sangat mempengaruhi loading blog yang menjadi lebih berat.

5. Jangan Menggunakan Gambar Animasi

Gambar animasi memang dapat membuat ciri khas tersendiri dari suatu blog, namun rasanya sangat tidak cocok apabila diterapkan pada blog dengan tujuan komersil atau mencari uang melalui Google Adsense.

Yang mana hal ini dikarena kan gambar animasi yang bergerak dapat membuat loading blog menjadi semakin berat dan lama, sehingga tidak pas untuk digunakan.

6. Mengaktifkan Expired Header

Mengaktifkan Leverage Browser Caching dengan Expired Header berfungsi untuk mengatur lama waktu kadaluawarsa (expired) Source Code dari file-file seperti gambar, script css dan js atau lainnya yang sebelumnya sudah terunduh ketika pertama kali berkunjung.

Sehingga saat visitor mengunjungi blog kita untuk yang kesekian kalinya bisa lebih cepat loadingnya karena browser sudah menyimpan source code dari file-file di blog kita sesuai lama waktu yang sudah di tentukan dalam Leverage Browser Caching.

7. Hindari Penggunaan Font yang Terlalu Banyak

Hampir disetiap template blogger kita bisa mengatur tampilan font untuk masing-masing elemen blog, mulai dari menu navigasi, header, post, sidebar dan lainnya. Meski menggunakan berbagai macam jenis font dapat mempercantik tampilan blog, sebaiknya hindari penggunaan font yang terlalu banyak (terutama Font-font dari Google).

Karena penggunaan jenis font terlalu banyak di blog dapat membuat loading blog semakin berat. Jadi untuk mempercepat blog adabaiknya bisa menggunakan 2-3 jenis font saja. Selain itu hindari juga font stylish seperti kaligrafi yang biasanya berukuran lebih besar dibanding font serif atau sans-serif.

8. Melakukan Optimasi Gambar Sebelum Digunakan

Menggunakan banyak gambar di dalam postingan pasti sudah merupakan hal yang sangat wajar bagi blog niche tuturial, dan gambar pada setiap postingan blog pastinya menggunakan url bp.blogspot.com, yang mana ini berarti gambar pada blog tidak di hosting oleh blogger.com sehingga akan menambah request user ke server untuk bisa menampilkan gambar. Maka dari itu, pastikan gambar yang ingin digunakan di dalam postingan blog sebaiknya dikompress terlebih dahulu agar supaya menjadi lebih ringan. 

memang cukup ribet apabila sebelumnya tidak pernah mengkompress gambar, namun hal sepele seperti ini bisa mempengaruhi untuk membantu mempercepat loading blog. Namun ingat, jangan terlalu sering/berlebihan dalam mengkompress gambar dikarnakan akan menyebabkan gambar menjadi buram dan kurang jelas saat dilihat oleh pengunjung.

a. Gunakan Ukuran Gambar yang Sesuai dengan Dimensi Template

Menggunakan gambar dengan dimensi yang sesuai bisa menjadi solusi terbaik agar supaya blog menjadi lebih optimal dan tidak akan merusak tampilan blog.

Maka dari itu, sebelum kalian memasang gambar yang ingin di gunakan sebaiknya cek terlebih dahulu berapa lebar ukuran dimensi pada template yang di pakai pada blog.

Karena setiap template blog memiliki ukuran lebar dimensi yang berbeda-beda. Maka dari itu kalian bisa menggunakan tools Inspect Element yang ada pada browser untuk mengecek nya.

b. Gunakan Format Gambar yang Tepat

Pada umum nya setiap format gambar mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan yang biasa digunakan dan kompatibel dengan browser adalah Format PNG, JPEG, dan GIF.

  • PNG cocok digunakan untuk menyimpan gambar geometri atau hasil render vektor yang memiliki sedikit warna (sekitar 256 warna).
  • JPEG cocok digunakan untuk menyimpan gambar berbentuk foto berisi objek nyata seperti pemandangan atau manusia.
  • GIF biasanya digunakan untuk menyimpan gambar yang bergerak. Walaupun, GIF juga cocok untuk menyimpan gambar dengan ukuran yang kecil dan memiliki sedikit warna seperti logo.

Namun menurut kebanyakan orang, lebih bagus memilih format PNG untuk setiap gambar yang di gunakan pada thumbnail postingan blog. Kecuali apabila blog yang khusus untuk menyimpan Wallpaper maka lebih baik menggunakan Format JPEG supaya terlihat lebih bagus.

c. Compress Gambar

Cara terbaik untuk mengoptimalkan gambar adalah dengan melakukan kompresi. Meng-compress gambar dilakukan supaya untuk menghilangkan meta data pada gambar. Dan selain itu meng-kompres gambar juga menggunakan algoritma khusus supaya gambar bisa di gunakan dalam ukuran yang lebih kecil tanpa harus mengurangi kualitasnya.

Untuk meng-kompress gambar, kalian bisa menggunakan berbagai tools gratis yang sudah ada di situs-situs online yang ada di internet. Dan contohnya berikut adalah daftar situs yang menyediakan tools kompres gambar yang bisa di gunakan secara gratis.

  • Compressor.io
  • TinyPNG.com
  • Kraken.io
  • GIFCompressor
  • CompressPNG.com
  • CompressJPEG.com

9. Memasang Script Lazy Load Image

Apabila sudah meng-optimasi gambar namun belum puas dengan performa loading nya, solusi terbaiknya yaitu adalah memasang Lazy Load Image di blog. Karena dapat membatasi pemuatan gambar yang tidak diperlukan di halaman awal, sehingga membuat gambar yang tidak terlihat oleh pengguna saat halaman dimuat, dan akan dimuat apabila jika pengguna menggulir-nya (scroll).

Dan jika pengguna tidak pernah menggulir, maka gambar tidak akan pernah muncul atau terlihat oleh pengguna dan tidak akan pernah dimuat. Dan pastinya teknik ini bisa membuat performa blog menjadi jauh lebih baik dalam kinerja dan kecepatan loading.

10. Membatasi Jumlah Iklan yang Tampil

Memang terkadang sebagian para blogger sering kali berlebihan dalam memasang jumlah slot iklan terlalu banyak di dalam satu halaman blog, memang cara tersebut sangat efektif untuk menaikan jumlah CTR. Namun, tentu saja hal ini bisa membuat loading blog menjadi lebih lambat.

Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu menayangkan terlalu banyak iklan pada satu halaman, karena selain bisa mengganggu kenyamanan para pengunjung saat membaca. hal tersebut juga dapat mempengaruhi performa kecepatan loading blog.

11. Memasang Script Lazy Load Adsense

Menjadi publisher google adsense memang bisa menjadi solusi terbaik untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun pengalaman buruknya jika slot iklan yang di pasang terlalu banyak akan membuat performa loading blog menjadi tidak maksimal sehingga menjadi berat.

Nah, memasang script Lazy Load Adsense adalah solusi terbaik untuk mengatasi kecepatan loading yang berat akibat memasang iklan goole adsense di blog. Cara kerjanya pun hampir sama halnya dengan Lazy Load Image, yang mana dengan menggunakan script lazy load adsense, iklan yang terpasang pada blog akan sedikit terhambat, dan akan muncul ketika pengunjung melakukan scroll atau menggulir layar.

12. Compress Script JavaScript dan CSS

Cara untuk mempercepat loading blog yang terakhir ini mungkin cukup sulit dilakukan oleh blogger pemula. Namun meng-kompress atau memperkecil ukuran kode javascript dan css bisa meningkatkan kecepatan loading blog. Secara umum semua script yang ada di dalam template Blogger bisa di kompres mulai dari HTML, JavaScript, hingga CSS.

Yang mana meng-kompress script dilakukan bertujuan untuk menghapus komentar dan karakter yang tidak penting tanpa mengubah fungsi dari script tersebut. Dan untuk melakukannya tidak perlu secara manual, bisa menggunakan bantuan tools untuk memperkecil ukuran script.

Dan di beberapa template blogger premium biasanya Javascript yang digunakan sudah di compress, namun kebanyakan kode CSS-nya masih belum. Untuk meng-kompress CSS tersebut bisa buka template Blogger lalu copy kode yang berada di antara <b:skin> dan </b:skin>.

Setelah itu paste-kan di CSS Minifier, lalu kompress kode css tersebut. Dan jika sudah, kemudian copy kode yang sudah diperkecil untuk menggantikan kode CSS sebelumnya.

Harap berhati-hati dalam melakukan tindakan ini, apabila belum paham betul tentang kode script yang ada didalam template bisa skip saja cara yang terakhir ini. Namun apabila masih kekeh ingin melakukannya, pastikan sebelumnya sudah mem-backup terlebih dahulu templatenya untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diiginkan.

Dan itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading blog di Blogger atau Blogspot. Jika sudah melakukan beberapa cara diatas, jangan lupa untuk meng-analisa kembali blog dengan bantuan tools PageSpeed Insights atau GTmetrix.

Manfaat Loading Blog Cepat

Berikut adalah beberapa manfaat bagi blog yang memiliki performa loading cepat :

1. Mengoptimalkan SEO

Search Engine Optimization atau (SEO) merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google. Tujuan utamanya dari SEO adalah untuk menempatkan suatu website/blog supaya muncul di halaman urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword-keyword tertentu.

Berbicara tentang SEO sendiri bagaikan membahas sebuah misteri. Pasalnya tidak ada yang tahu pasti bagaimana mengoptimalkan SEO dengan baik dan benar, dikarenakan setiap jenis konten dan keyword memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dan ditambah lagi dengan algoritma mesin pencari Google yang selalu di update berubah-ubah dan juga masih banyak faktor-faktor lainnya. 

Namun salah satu faktor kecil yang bisa mengoptimalkan SEO adalah kecepatan loading sebuah blog. Hal ini dikarnakan menis pencari google selalu meng-update algoritma agar supaya dapat menampilkan situs yang memiliki konten relevan dengan pencarian keyword para pengguna dan ditambah performa dari kecepatan loading blog.

Maka apabila sudah membuat konten yang bagus dan di tambah loading website/blog yang cepat, kemungkinan besar bisa bersaing untuk mendapatkan posisi halaman pertama pada hasil pencarian. Itulah sebabnya kenapa mengoptimalkan kecepatan blog dapat sangat bermanfaat.

2. Mempercepat Proses Perayapan dan Index

Tentu bagi blog yang memiliki fast loading pasti akan sangat lebih mudah untuk di akses, dan selain itu dari struktur template/tema yang digunakan pun pasti lebih sedikit dan rapi.

Hal ini dikarenakan tidak adanya widget/gadget tidak penting yang digunakan, selain itu juga pengompresan dan minify pada script tertentu membuat susunan script menjadi lebih pendek dan ringkas.

Dan hal tersebut bukan hanya membuat pengunjung bisa dengan mudah saat meng-aksenya, yang mana robot perayap milik Google juga akan semakin mudah untuk melakukan crawling pada situs yang memiliki performa loading yang baik dan url yang SEO Friendly. Sehingga setiap artikel yang baru saja di publish akan cepat ter-index dan ditemukan di mesin pencarian google.

3. Membuat Pengunjung Merasa Nyaman

Loading blog merupakan gambaran pertama yang dinilai oleh kebanyakan para calon pengunjung, dan apabila meng-akses loading blog yang lambat maka bisa memberikan pengalaman buruk bagi calon pengunjung.

Dan apabila sebaliknya, blog yang mereka kunjungu nyaman dan memiliki tampilan bagus maka para pengunjung pastinya akan merasa senang dan betah ketika sedang membaca sesuatu informasi yang mereka cari pada postingan blog.

4. Meningkatan Trafik

Tidak sedikit para blogger yang merasa bingung kenapa blog mereka miliki masih sepi pengunjung padahal sudah menulis artikel yang SEO Friendly. Dan setelah di cek-cek lagi ternyata mereka menemukan penyebabnya yaitu bahwa ternyata blog loadingnya lama.

Dengan mengoptimalkan performa loading blog, maka artikel akan semakin mudah untuk ter-index oleh mesin pencari Google dan pengunjung pun merasa lebih nyaman dikarenakan situs dari konten yang mereka butuhkan mudah saat di akses.

Sehingga memperbesar kemungkinan bertambahnya visitor blog dan menaikan trafik perharinya.

5. Meningkatkan DA dan PA

Mempercepat loading blog dapat meningkatkan nilai SEO dan menaikan trafik blog, seperti yang sudah dibahas di atas tadi. Dan dengan begitu blog yang bervisitor tinggi setiap harinya tentu akan membuat nilai DA/PA dari blog akan semakin naik walupun dikit demi sedikit.

Walaupun Google sudah pernah menyatakan bahwa DA/PA tidak berpengaruh besar terhadap Rangking artikel di halaman pertama (Page One), namun kenyataannya situs yang memiliki nilai DA/PA tinggi akan lebih mudah untuk ter-index artikelnya.

6. Merampingkan Alexa Rank

Sejauh ini belum ada yang menyatakan secara gamblang bahwa Alexa Rank bisa berpengaruh terhadap SEO blog, hanya saja diketahui bahwasanya blog yang memiliki vistor banyak setiap harinya bisa merampingkan Rangking pada Alexa Rank.

Karena blog yang memiliki loading cepat akan semakin mudah bersaing di hasil penelusuran search engine, sehingga mudah untuk dikunjungi dan disukai visitor maka akan semakin bertambah juga kuantitas dari para pengunjung blog sehingga Alexa Rank bisa menjadi semakin ramping.

7. Meningkatkan Pendapatan

Loading blog yang cepat akan semakin mudah untuk bersaing di halaman pertama hasil pencarian sehingga bisa mulai mendapat visitor yang banyak dengan mudah. dan banyaknya visitor perharinya otomatis akan lebih mudah juga untuk meningkatkan pendapatan Adsense dari blog.

Yah seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu alasan kenapa banyak orang yang mencoba terjun ke dunia blogging adalah untuk mencari penghasilan tambahan ataupun sebagai penghasilan utama. 

Namun sayangnya terkadang banyak para blogger pemula yang hanya fokus dengan bagaimana cara agar blog di approved oleh Google Adsense, sementara itu mereka tidak memikirkan bagaimana cara agar memiliki vistor yang banyak.

Alhasil setelah diterima menjadi Publisher Google Adsense mulai bingung kenapa tidak ada yang mengeklik iklan, kenapa CPC iklan kecil, dan kenapa penghasilannya receh sekali.

Dengan memulai mengoptimalkan kecepatan loading blog maka akan semakin memudahkan blog kita bersaing di SERP sehingga semakin mudah ditemukan dan kunjungi oleh pengunjung. Dan secara perlahan pun akan mulai meningkatkan pendapatan Adsense.

Penutup : Baiklah mungkin segitu saja pada postingan kali ini mengenai Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger / Blogspot, Semoga bisa bermanfaat. Dan jangan lupa juga ikuti terus blog Tutorapik.com untuk mendapatkan artikel menarik dan bermanfaat lainnya pada kesempatan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel