Ingin Menjadi Validator Ethereum 2.0? Berikut Persyaratannya

Ingin Menjadi Validator Ethereum 2.0? Berikut Persyaratannya
Sumber: bitcoinke.io

Saat Ethereum bertransisi ke Proof-of-Stake (PoS) penuh, ini merupakan keuntungan bagi validator yang akan mengonfirmasi transaksi di blockchain.

Validator adalah entitas yang berpartisipasi dalam konsensus protokol Ethereum 2.0. Atau dengan kata lain, manusia menjalankan proses komputer. Proses ini mengusulkan dan menjamin blok baru untuk ditambahkan ke blockchain.

Dengan kata lain, Anda dapat menganggap validator sebagai pemilih untuk blok baru. Semakin banyak suara yang didapat sebuah blok, semakin besar kemungkinannya untuk ditambahkan ke rantai.

Yang penting, suara validator ditimbang dengan jumlah yang dipertaruhkan.

Sebelum Anda dapat menjalankan validator dan mulai mengamankan jaringan, Anda perlu mempertaruhkan 32 ETH. Ini membentuk saldo awal Anda. Sebagai validator, Anda harus memiliki dana yang dipertaruhkan sehingga Anda dapat dihukum karena berperilaku tidak jujur.

Dengan kata lain, agar Anda tetap jujur, tindakan Anda harus memiliki konsekuensi finansial.

Berikut petunjuknya:

  • Satu-satunya cara untuk menjadi validator adalah dengan melakukan transaksi ETH satu arah yang tidak dapat dibalikkan ke kontrak deposit pada rantai Ethereum saat ini.
  • Anda harus dapat menjalankan perintah di terminal pada komputer Anda. Membuat pasangan kunci Eth2 baru Anda dan menginstal perangkat lunak validator keduanya dilakukan di terminal. Di Ethereum 1.0, pengguna memiliki satu kunci pribadi untuk mengakses dana mereka. Ethereum 2.0 membutuhkan dua pasangan kunci yang berbeda – kunci validator dan kunci penarikan.

Berikut adalah beberapa persyaratan sistem yang Anda perlukan untuk menjalankan sebuah node:

Perangkat keras

Untuk memproses setoran validator yang masuk dari rantai Eth1, Anda harus menjalankan klien Eth1 serta klien Eth2 Anda.

Untuk memproses setoran validator yang masuk dari rantai Eth1, Anda harus menjalankan klien Eth1 serta klien Eth2 Anda.

Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga seperti Infura. Mulai Februari 2021, Anda memerlukan ~400GB untuk data rantai mainnet Eth1 saja (bertambah ~1GB/hari). Pastikan untuk memperhitungkan cukup ruang pada drive Anda sampai Anda menjalankan pemeliharaan pada node Anda.

CPU/RAM

Periksa dengan dokumentasi klien untuk memastikan perangkat keras yang ingin Anda gunakan memadai dan didukung. Penggunaan sumber daya dapat sangat bervariasi antar klien. Teliti klien yang berbeda jika Anda bekerja dengan kendala sumber daya.

Internet

Idealnya, koneksi internet Anda harus dapat diandalkan dan sedekat mungkin 24/7 tanpa gangguan.

Pastikan bandwidth Anda tidak dibatasi dan tidak dibatasi sehingga node Anda tetap sinkron dan siap untuk divalidasi saat dipanggil. Anda juga membutuhkan bandwidth unggah yang cukup. Pada Februari 2021 ini ~700-800 MB/jam dan kemungkinan akan meningkat.


Source:
https://bitcoinke.io/2022/02/ethereum-validator-requirements/

Peminat Dunia Teknologi